Jumat, Oktober 10, 2014

Construction Site Sensory Bin

Setelah membaca artikel ini, saya jadi tertarik untuk membuatkan sensory bin untuk Abang Miguel (5 tahun). Salah satu alasan saya adalah agar Abang Miguel bisa asyik bermain di saat-saat saya harus menyusui Vino, misalnya. Salah satu tema sensory bin yang saya buat bertemakan construction site. Ini karena Abang Miguel suka sekali dengan mainan mobil-mobilan konstruksi dan salah satu film seri favoritnya adalah Bob the Builder.
Alat dan bahan:
  1. Boks bekas ukuran sedang.
  2. Cat, atau bisa juga diganti kertas warna-warni  lalu ditempelkan
  3. Untuk mengganti tanah: bisa memakai biji-bijian, kerikil, atau potongan kertas.
  4. Mainan mobil-mobilan konstruksi
  5. Aksesoris pelengkap: seperti magnetic chips untuk belajar berhitung, pinset, dan magnet tapal kuda.
Saya mengerjakannya saat Abang Miguel tidur siang atau sedang bersekolah. Jadi sensory bin ini benar-benar kejutan baginya. Abang Miguel sangat menyukainya dan sampai mengucapkan terima kasih berkali-kali.
Saat bermain, Miguel sambil mengasah keterampilan motorik halusnya saat halus saat mengambil magnetic chips yang tersebar, kosa kata baru dengan belajar menyebutkan nama-nama jenis mobil yang ada di lokasi pembangunan, seperti: buldoser, ekskavator, mesin giling, mesin pengaduk semen, mesin katrol, dsb. Tanpa disadari Abang Miguel berlatih bercerita, berimajinasi, dan berhitung. Abang Miguel betah bermain untuk waktu yang cukup lama, sehingga waktu nonton televisinya jadi jauh berkurang.
Mudah kan? Yuk ikut membuat sensory bin untuk si kecil di rumah.

Similar Posts

0 komentar

Subscribe