Minggu, Februari 01, 2015

MPASI Vino 8-10 Bulan

Sejak Vino sudah boleh mengonsumsi keju saya langsung tidak sabar untuk membuat pasta versi Annabel Karmel. Namun karena jenis pasta yang direkomendasikan (baby shell pasta) dan beberapa jenis bahan lainnya tidak bisa saya temukan di sini, akhirnya  saya membuat pasta untuk Vino dengan bahan yang mudah didapat. Saat perkenalan dengan pasta, saya masih memblendernya selama 2-3 detik. Namun setelah beberapa kali dicoba dan Vino bisa memakannya, saya hanya mencincangnya saja.


Berikut beberapa resep pasta yang biasa saya pakai:
Plain Pasta:
  • Penne/fusili: rebus sampai matang sempurna, kemudian cincang.
  • 50 ml kaldu daging
  • 1 sdm unsalted butter
  • 1 sdt bawang bombay cincang

Easy salmon corn pasta:
  • 10-15 keping pasta, rebus sampai matang
  • 2 ruas jempol Salmon
  • 2 sdm jagung pipil (rebus, blender secara terpisah)
  • 1 sdm salted butter
  • sedikit bawang bombay cincang
  • 50 – 60 ml kaldu ikan/ayam
  • keju parut sesuai selera

Pasta Carbonara:
  • 10-15 keping pasta
  • sedikit bawang bombay
  • 1 sdm salted butter
  • 60 ml susu uht
  • 1 sdm ayam cincang
  • Sedikit basil
  • Keju parut sesuai selera
Cara membuat ketiga jenis pasta ini hampir sama, rebus pasta sampai empuk pisahkan, Lalu lelehkan butter, tumis bawang bombay, salmon/ayam cincang/daging cincang tambahkan kaldu/susu, setelah matang masukkan pasta, lalu blender sebentar atau cincang dan beri parutan keju. Kalau memakai jagung, berdasarkan pengalaman kulit jagung suka membuat Vino susah menelan. Solusinya saya memblender jagung terlebih dahulu agar teksturnya lebih halus.
Saat ini Vino sudah kelihatan lebih menyukai buah yang rasanya manis seperti pisang, jeruk, mangga, avokad, dan semangka. Buah-buahan yang agak masam seperti stroberi dan kiwi biasa ditolak oleh Vino.
Jadwal makan Vino pada usia 8-10 bulan ini adalah:
  • Makan pagi sekitar pukul tujuh.
  • Makan buah sekitar pukul sembilan.
  • Makan siang sekitar pukul dua belas.
  • Minum jus atau makan buah pukul empat sore.
  • Makan sore sekitar pukul enam, tergantung mood Vino.

Saat memasuki usia 9 bulan Vino sempat tidak bersemangat pada waktu makan. Saya mencoba bermain dengan tekstur makanan yang tidak lagi dihaluskan sampai menjadi bubur. Ternyata berhasil, Vino lebih lahap ketika makanannya sedikit padat dan bertekstur. Jadi mungkin ini bisa menjadi tips bagi urban mama kalau si kecil tiba-tiba kurang bersemangat saat makan.
Selamat menyiapkan menu-menu MPASI bagi si kecil.

Similar Posts

0 komentar

Subscribe