Minggu, Mei 17, 2015

Tidur Pulas Tanpa Digigit Nyamuk

Sejak tinggal di Jakarta, salah satu PR saya adalah mengusir nyamuk. Saya sendiri paling tidak tahan kalau digigit nyamuk. Serba salah jadinya, tidak digaruk tapi kok gatal, mau digaruk, tapi takut menimbulkan bekas luka pada kulit. Jujur saja nyamuk tuh bisa bikin saya uring-uringan. Apalagi dulu saya pernah terkena demam berdarah. Pokoknya saya musuhan berat sama nyamuk. Sejak punya anak, duh rasanya saya ingin menjauhkan anak-anak dari nyamuk. Kesal sekali kalau sampai melihat ada bekas gigitan nyamuk pada anak-anak. Kasihan juga kalau tidur anak-anak terganggu karena nyamuk. Padahal kualitas tidur sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak.
Agar Miguel dan Vino bisa tidur pulas tanpa digigit nyamuk, ada beberapa hal yang saya usahakan di rumah. Tentu saja saya tidak bisa hanya mengusir nyamuk dari dalam kamar tidur saja, melainkan harus membersihkan seluruh rumah agar menjadi sehat dan bebas nyamuk.

Berikut ini beberapa usaha saya agar anak-anak tidak digigit nyamuk:
  1. Memasang kawat nyamuk pada semua jendela dan ventilasi udara. Jadi udara bebas keluar masuk, tetapi nyamuk tidak ikutan masuk.
  2. Merapikan dan merawat halaman rumah minimal sebulan sekali. Jadi tanaman tetap rapi, dan tidak tempat berkumpulnya nyamuk.
  3. Mengusahakan agar tidak ada genangan air di sekitar rumah. Air selokan mengalir lancar, dan saluran pembuangan air berfungsi dengan baik. Selalu memeriksa dan mengosongkan tempat-tempat penampungan air yang sering terlupakan, seperti di bawah keran dispenser atau di belakang kulkas.
  4. Ember tempat penampungan air bersih ditutup rapat, kamar mandi kami menggunakan shower sehingga tidak ada bak mandi.
  5. Menjaga kerapian rumah dengan menggunakan kontainer-kontainer tertutup sebagai tempat mainan, buku-buku, dan pakaian. Dengan begitu, tidak ada tumpukan barang yang bisa mengundang debu dan menjadi tempat berkumpulnya nyamuk.
  6. Mencegah adanya piring kotor bertumpuk di tempat cuci piring, sehingga dapur tetap rapi dan bersih.
  7. Menanam beberapa tanaman anti nyamuk di halaman rumah.
  8. Memakaikan anak-anak baju berwarna terang yang tidak mengundang nyamuk.
  9. Memasang obat nyamuk elektrik di kamar tidur dan ruang bermain anak-anak di rumah.
Mungkin ibu-ibu disini punya berbagai cara efektif dan teruji untuk membuat anak-anak bisa tidur tenang tanpa diganggu nyamuk?
Ikuti yuk kompetisi blog the urban mama bekerja sama dengan Baygon di sini

Similar Posts

1 komentar

  1. ayo tidur pakai kelambu nyamuk aman dari gigitan nyamuk

    http://www.kelambunyamuk.com

    BalasHapus

Subscribe